Minggu, 20 Maret 2016

Langkah mudah untuk bumi yang lebih bersih

Setahun sekali, jutaan orang di Bumi bersama-sama matiin lampu rumah dan kantor yang dianggap nggak perlu. Aksi global pemadaman lampu berlabel Earth Hour (Jam Bumi) ini nggak lama, hanya 60 menit. Buat apa? Tujuannya tentu baik: meningkatkan kesadaran semua orang tentang pentingnya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kemarin (19/3), Earth Hour di Indonesia dilakukan pukul 20.30 sampai 21.30. Di luar itu, gerakan cinta Bumi juga bisa Superkids terapkan sehari- hari di rumah. Caranya?

Hemat Listrik

Wah, Superkids pasti nggak asing lagi dengan kata ‘hemat listrik’. Kampanye ini memang gencar dilakukan di sana-sini. Konsepnya sama kayak Earth Hour: ayo, biasakan matiin lampu-lampu yang nggak kepake. Misalnya, lampu kamar mandi kalau di dalam nggak ada orang, lampu belajar setelah digunakan, dan lampu kamar yang sedang kosong. Superkids juga nggak bakal kesulitan kan buat matiin TV yang nggak ditonton, AC saat hawa sedang sejuk, atau nyabut charger dari colokan bila baterai gadget udah penuh.

Buang Sampah di Tempatnya

Sediain tempat sampah di ruangan-ruangan yang sering Superkids gunakan, termasuk kamar dan ruang belajar. Pisahin sampah kering dan basah biar gampang dipilih untuk diolah kembali. Biasain selalu membuang sampah di tempatnya, termasuk saat sedang dalam perjalanan. Kalau lagi nggak ketemu tempat sampah, simpan dulu sampahnya di tas, ya.

Diet Sampah

Tahu nggak kalau sampah di Bumi tuh banyaaaaaak banget? Bila nggak direm, bisa-bisa beberapa puluh tahun lagi, permukaan Bumi bakal penuh sampah. Hemat sampah berarti mengurangi sampah basah maupun kering. Misalnya, pakai kertas bolak-balik (dua sisi) biar nggak dikit-dikit buang, dikit- dikit buang. Makan juga ambil secukupnya, biar nggak banyak yang tersisa. Kalau cukup kreatif, sampah plastik bisa di- recycle menjadi barang berguna, seperti mainan dan aksesoris. Sampah basah pun masih bisa diolah menjadi kompos buat nyuburin tanaman.

Jalan Kaki

Sayang Bumi juga bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau sepedaan - olahraga favorit Superkids. Itu bisa mengurangi polusi udara karena kendaraan bermotor dikenal sebagai salah satu sumber pencemaran udara terbesar, yang memicu pemanasan global. Ke toko dekat rumah, ke sekolah yang letaknya masih di dalam kompleks, atau ke tempat- tempat jarak dekat lain, bisa Superkids tempuh dengan naik sepeda atau jalan kaki. Manfaatnya dua, lho: udara jadi lebih bersih dan badan Superkids jadi lebih sehat. http://any.web.id/gletser-seluas-manhattan-mencair-perubahan-iklim-makin-mengkhawatirkan.info

Tanam Pohon

Makin banyak pohon, Bumi juga jadi makin hijau. Efeknya, udara jadi lebih segar karena pohon menyerap karbondioksida, sekaligus memproduksi oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernafas. Pohon juga bisa menyerap dan menyimpan air hujan untuk menghidari banjir.

sumber; Radar Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar